Blogger Panda

Senin, 07 November 2011

BAHAYA LESAN (UCAPAN)

Sifat-sifat Tercela Yang Timbul nya Dari Lidah

  Segala puji bagi Allah yang talah menjadikan manusia sebaik baik bentuk. Kemudian dia mengilhaminya  dengan chaya iman, lalu tuhan menghiasi manusia dengan akal yang sempurna, sehingga ia menjadi makhluk yang utama dan yang termulia dari makhluk-makhluk yang lain. Di samping itu,Tuhan melimpahkan ke dalam hati manusia berbagai macam ilmu pengetehuan.Maka untuk menyebar luaskan ilmu-ilmu itu, Karena itu lah,Tuhan menganugrahkan "Lidah" kepada manusia,sebagai alat pembantu untuk menterjemah kan dan menyampaikan ilmu-ilmu itu.Karena itu lah,"Lidah" manusia bisa mengucapkan rasa syukur atas kebenaran limpahan rahmat Tuhan kepada nya.
   
   Dengan pancaran iman sembari memiliki akal yang sempurna,manusi berucap dengan menggunakan lidah nyayang fasih.misal nya :
  "Aku mengakui bahwa tidak ada yang patut di sembah  selain Allah Yang Maha Esa,tiada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad itu adalah hamba dan utusan-Nya".
   
   Itulah ucapan "Lidah" yang mempuyai pancaran iman dan akal yang sempurna.Karena itu,"Lidah" termasuk di antara nikmat Allah yang besar dan di antara cipttan tuhan yang amat halus dan ganjil.Lidah mempunyai bentuk yang indah,kecil dan menarik. Keimanan dan kekufuran seseorang tiada terang dan jelas, selain dengan kesaksian Lidah. Lidah mempunyai ketaatan yang besra dan mempunyai kedosaan yang besar pula. Anggota tubuh yang paling durhaka kepadaa manusia ialah "Lidah".Sungguh lidah itu merupakan alat perangkap syetan yang palig jitu unttuk menjurumuskan manusia.
   
   Hanya dengan iman dan akal yang sempurna,manusia bisa memelihara dan menjaga dari bahaya-bahaya yang di timbulkannya.
   
   Dan selanjunya lidah dapat menikmatii berbagai macam rasa makanan dan minuman yang enak dan lezat.Karena tiu lidah mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia.
  
   Lidah lah yang menghubungkan manusia dengan manusia yang lain. Lidah lah yang menciptakan segala bahasa,lidah lah yang memberi suara semua fikiran dan cita,lidah lah yang memberi nada segala rasa,lidah lah yang memperindah nyanyi dan irama,Lidah dapat membuat hati yang rindu menjadi mesra-ria,Lidah yang bernasehat  dapat menerangkan gelora amarah dalam dada.
   
   Dan lidah juga dapat memutar balikan segala peristiwa,Lidah dapat mempesona masyarakat dan massa.Lidah dapat membuat orang yang menangis menjadi tertawa.
   
   Banyak kata-kata bersajak yang di buat orangg dengan lidah : "Lidah seperti madu,hati nya seperti empedu". "Lidahnya berbisa". "Lidahnya seperti lidah ular,bercabang dua". "Lidah nya fasih berbahasa". "Dia pandai bersilat lidah",dan sebagai nya.
  
  Lidah seseorang dapat mengangkat derajat seseorang ketempat yang mulia,namun bisa juga menjatuhkan ketempat serendah-rendah nya.

   Seorang penyair berkata ; "Biarkan aku bicara ,kemudian berilah aku nama,menurut penilaian anda".
orang belaanda pun mempunyai pula satu pribahasa : "Waar't hart van vol is,vloeit demond van over".
"Bila hati telah diliputi rasa,mulut/lidah akan mengucapkan nya dengan seindah kata.Tapi dibalik keindahan lidah,lidah pun dapat menimbulkan bencana,misalnya fitnah. Fitnah lidah besar bahaya nya. Lidah dapat membuat orang yang bersaudara dapat berpisah dan dapat memporak porandakan segala nya. Lidah dapat membuat suasana damai menjadi berantakan dan perang. Lidah dapat membuat orng bersatu dan beradu domba.

 Karena itu Rasulullah SAW bersabda : 
"Tidak lah berdiri teguh (lurus) iman hamba Allah,sebelum berdiri teguh (lurus) hati nya. Dan hati nya itu berdiri teguh (lurus) sebelum berdiri teguh (lurus) lidah nya.Dan tidak akan masuk surga seseorang,dimana tetangga nya tidak merasa aman dari kejahatan lidah nya".
                                                                      ( Di riwayatkan oleh Ibnu Abid-Dunya)
  
    Diriwayat kan bahwa umar bin khatab r.a. telah melihat abu  bakar r.a.  menarik lidah nya dengan tangan nya. Lalu umar bertanya: "Wahai Abu Bakar,apakah yang anda perbuat ? ".
  
   Abu Bakar menjawab: "Ini mendatangkan kepadaku jalan yang membinasakan.Sesunguhnya Rasulullah SAW bersabda : "Tiada sesuatu pun dari tubuh,yang tiaa mengadu kepada Allah tntang lidah karena sebab ketajaman nya".
                                   ( Di riwayatkan Ibnu Abid-Dunya,Abu Ya'la dll. Dari Aslam ).

Dan sabdanya pula :
"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir,maka hendak lh ia berkata yang baik atau i diam".
                               ( Di riwayatkan oleh Imam Bukhari & Muslim dr Abu Hurairah ).  

Allah SWT berfirman :
" Tiada suatu perkataan yang di ucapkan (manusia) melainkan di dekat nya ada pengawas yang siap sedia (mencatat nya)".
                                                                                                 ( Surat  Qaaf ayat : 18 ).

Demikian lah,selain di atas itu masih banyakk lagi hadist dan firmn tuhan yang menyatakan keprihatinan nya terhadap lidah ini.Karena itu lah sebagai hamba tuhan yang di karunia iman dan akal yang sempurna, hendaknya selalu waspada dan berhati-hati terhadap bahaya-bahaya yang di timbulkan oleh lidah itu,dan untuk sebagai cermin serta suri tauladan.


Next

Prev

Posted By:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Panda